Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Aceh Timur, mengamankan lima pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) bersama 12 unit sepedamotor selama berlangsung Operasi Sikat Rencong 2019.

Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro dalam konferensi pers di Mapolres Aceh Timur, Jumat (30/8) menjelaskan, pelaku melakukan pencurian sepedamotor di wilayah Polres Aceh Timur dan wilayah hukum Polres Langsa, sebanyak 17 kali.

"Tersangka bersama barang bukti sudah diamankan dan akan diusut hingga tuntas," ujar Wahyu Kuncoro yang didampingi Wakapolres Kompol Warosidi dan Kasat Reskrim AKP Dwi Arys Purwono.

Baca juga: Polisi Lhokseumawe ringkus 16 pelaku curanmor

Tersangka berinsial MW alias Ucil (32), MT alias Geunteut (29), dan ST (28) warga Kecamatan Pereulak Barat, Aceh Timur. Kemudian SB (20), dan AA (23), asal Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur.

Sementara itu, 12 sepedamotor yang telah diamankan terdiri dari empat unit Honda Vario, empat unit Honda Beat, dan dua unit Honda Supra, serta Honda Kharisma dan Scoopy masing-masing satu unit.

Baca juga: Polres Abdya tangkap dua pelaku curanmor

"Kelima pelaku curanmor berhasil diringkus delapan korban sesuai dengan laporan polisi (LP) di Polres Aceh Timur antaranya milik Ridwan, Hijrah, Mukhtarhadi, Itawati, Desi Amalia, Nuraini, Kasri, dan Suseno," sebut Wahyu Kuncoro.

Selain mengamankan tersangka dan sepedamotor, sambung Kapolres, pihaknya juga telah mengamankan sebuah kunci "T" yang dikenal sebagai perkakas yang memudahkan dalam membongkar dan mengendurkan baut dengan arah vertikal dan sempit, dan juga satu buah besi runcing dengan panjang 8 cm, serta sebuah kunci pas no.8 madein Cina," kata Wahyu.

Baca juga: Pembeli sepmor curian diciduk polisi di Aceh Utara

Oleh karenanya, pihaknya mengimbau masyarakat yang merasa kehilangan sepedamotor segera melapor dengan membawa surat STNBK dan BPKB," ujar Wahyu.

Baca juga: Polisi Lhokseumawe tangkap pelaku Curanmor

AKBP Wahyu Kuncoro juga berpesan, apabila memarkirkan kendaraan di tempat umum hendaknya menambahkan kunci ganda, karena itu menjadi salah satu untuk menghilangkan kesempatan pelaku melakukan pencurian sepedamotor," pungkasnya.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019