Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menerapkan Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) guna memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu.

“Kami terus berinovasi untuk memajukan pendidikan di Aceh Besar dalam melahirkan generasi yang mampu menguasai teknologi dan memiliki karakter Islami," kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Jantho, Senin.

Pernyataan itu disampaikan di sela sela usai menjadi inspektur upacara Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) yang di pusatkan di Lapangan Bungong Jeumpa, Jantho.

Baca juga: KNPI Aceh Besar gelar kursus bahasa asing bagi pemuda-pemudi

Ia menjelaskan SPT yang diterapkan tersebut yakni memadukan sistem pendidikan nasional dengan pendidikan agama (hafidz dan diniyah) serta pendidikan budi pekerti untuk mewujudkan pendidikan berkarakter.

"Sistem Pendidikan Terpadu sebagai inovasi yang telah berjalan di Aceh Besar dan telah dipresentasikan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar dalam seminar Nasional di Makassar, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu," kata Mawardi Ali.

Pihaknya akan terus melakukan evaluasi program tersebut dan mempersiapkan tenaga pengajar dengan berbagai pelatihan kepada para guru guna meningkatkan sumber daya untuk menerapkan SPT kepada anak didiknya di sekolah.

Baca juga: BNN musnahkan 40 ribu batang pohon ganja di Gunung Seulawah

"Kami berharap dengan pelaksanaan SPT di Kabupaten Aceh Besar ini mutu pendidikan bisa semakin meningkatkan dan momentum Hardikda tahun ini adalah juga kebangkitan bagi pendidikan di Kabupaten Aceh Besar," katanya.

Dalam peringatan Hardikda yang di pusatkan di Jantho tersebut Bupati Aceh Besar yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat tertulis Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Silahuddin menambahkan dengan peringatan Hardikda akan munculnya keinginan bersama untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu di Aceh Besar serta mendukung sistem pendidikan terpadu yang merupakan salah satu dari visi dan misi Bupati/Wakil Bupati Aceh Besar Periode 2017-2022.

Baca juga: Kehadiran tol di Aceh Besar majukan perekonomian daerah

"Kerja sama dari semua pemangku kepentingan pendidikan Aceh Besar akan mampu bersanding dengan daerah lainnya yang sudah duluan lebih maju dalam pendidikan," katanya.

Ia menambahkan dalam memperingati Hardikda tersebut ada sejumlah rangkaian kegiatan yang digelar diantaranya seminar pendidikan dan malam Anugerah Insan Pendidikan.

Baca juga: Wabup Aceh Besar ajak semua pihak dukung program PT SBA

Dalam kegiatan tersebut turut hadir diantaranya Ketua Sementara DPRK Aceh Besar Iskandar Ali, Plh Sekdakab Abdullah dan unsur Forkopimda setempat.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019