Bupati Aceh Barat, H Ramli MS mewajibkan seluruh dokter spesialis di daerah itu agar melakukan praktik keliling desa agar memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara langsung di setiap pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Hal ini diperlukan agar masyarakat yang berada di desa, dapat lebih sadar untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada warga yang bermukim di wilayah pedalaman.

Baca juga: Akses ribuan warga di Aceh Barat terganggu akibat jembatan besi putus

"Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat di desa, bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan tenaga dokter yang lebih ahli dan spesialis," kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS kepada ANTARA, Selasa di Meulaboh.

Selama ini, kata Ramli, sebagian besar masyarakat di desa kurang mendapatkan pelayanan kesehatan karena enggan berobat ke kota.

Baca juga: Tahun depan, guru berprestasi di Aceh Barat dapat hadiah umrah

Akibatnya, banyak masyarakat yang berobat ke rumah sakit setelah mengalami penyakit kronis atau komplikasi, sehingga penanganan medis yang harus dilakukan oleh dokter harus lebih ekstra.

"Dengan adanya dokter spesialis yang melakukan praktek di puskesmas, masyarakat lebih mudah memeriksakan kesehatannya," kata Ramli MS menambahkan.

Baca juga: Pemuda Aceh Barat dilatih keahlian pengoperasian alat berat tambang

Selain itu, para dokter spesialis juga wajib membawa peralatan kesehatan secara memadai, sehingga pelayanan yang dirasakan masyarakat semakin lebih baik, pungkasnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019