Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 106 tahun 2019 Kodim 0103/Aut resmi dibuka Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib di Desa Plue Pakam, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (2/10).

Upacara pembukaan TMMD tersebut dihadiri oleh ribuan masyarakat serta tamu undangan diantaranya Danrem 011/LW Kolonel Inf Purmanto diwakili Kasiter Rem, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut P M Sjamsul Rizal, Dandim 0103/Aut, Kapolres Aceh Utara, Wadan Brigif 25/Siwah, Dandim 0104/Atim, Dandim 0117/Atam, Dandim 0111/Pidie, Dansat Radar 231 dan Danden Rudal 01 Lhokseumawe.

Baca juga: Kodim 0103/Aceh Utara mulai lakukan Pra TMMD ke-106

Dalam sambutanya, Muhammad Thaib menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan TMMD ke 106 tahun 2019 oleh Kodim 0103/Aut yang dipusatkan di Desa Plue Pakam Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara.

"Kegiatan TMMD ini bermakna sangat penting dan strategis, selain untuk membangun infrastruktur dan prasarana desa, juga dapat mempererat hubungan silahturahmi antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Danrem TU: TMMD solusi menurunkan angka kemiskinan

Sementara itu, Dandim 0103/Aut Letkol Inf Agung Sukoco SH, selaku Dansatgas TMMD Ke-106, menyampaikan laporan kesiapan pelaksanaan kegiatan TMMD ke-106 yang sudah direncanakan meliputi kegiatan, antara lain, pembukaan badan jalan dari Desa Plue Pakam Kecamatan Tanah Luas menuju Bukit Makarti sepanjang 7000 meter X 6 meter.

Dengan kegiatan TMMD ini prajurit TNI akan membuka jalan terisolir hingga tuntas sepanjang sekitar 7.000 meter dari Desa Plue Pakam tembus ke Bukit Makarti dan juga akan melakukan kegiatan lainya seperti penyuluhan terhadap masyarakat.

Baca juga: TMMD Aceh Barat penawar sejarah konflik bersenjata

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan rehab 2 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), 1 unit pembuatan lapangan volly ball, dan pengecetan 1 unit mushala.

Selanjutnya, kata dia, dalam pembukaan TMMD ke 106 Kodim 0103/Aut juga menggelar stand bazar murah untuk masyarakat setempat.

"Bazar murah yang di lakukan dinilai sangat membantu warga khusunya warga Desa Plue Pakam Kecamatan Tanah Luas. Bazar murah tersebut berupa Sembako dengan harga lebih murah dari harga sebenarnya," ujar Dansatgas TMMD 106 Kodim 0103/Aut.

Maryani warga Desa Plue Pakam Kecamatan Tanah Luas merasa terbantu adanya bazar murah yang di lakukan bapak TNI.

"Terimakasih bapak TNI hari ini bisa dapat meringankan beban kami dari bazar sembako murah, setidaknya kami dapat menghemat pengeluaran keluarga," katanya.

Sebagaimana diketahui, kawasan Desa Plue Pakam terletak di pedalaman yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan dan perkebunan rakyat.

Terpilihnya Kecamatan Tanah Luas sebagai lokasi TMMD ke 106 tahun 2019 merupakan satu kesempatan bagi masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi desa sehingga menjadi lebih bernilai baik secara ekonomi, sosial maupun agama.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019