Setiap prajurit TNI ketika menerima penugasan dan kemudian berada di daerah penugasan, selalu dituntut tegar, kuat tak kenal lelah dan bisa membaca situasi serta mampu bertahan dalam keadaan apapun.

Hal ini dipersiapkan ketika diterjunkan di tengah masyarakat untuk membantu kesulitan yang dialami oleh masyarakat.

Baca juga: Bupati Aceh Utara resmikan pembukaan TMMD ke-106

Berbekal pengalaman semasa pendidikan yang dijalani, prajurit juga diharapkan bisa merasakan kesulitan yang dirasakan oleh orang lain.

Hal tersebut kini tercermin dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-106 tahun 2019 Kodim 0103/Aceh Utara oleh anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Penugasan (Satgas) Kodim 0103/Aut di Desa Plue Pakam, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Minggu.

Berkat kebersamaan, saat ini dua Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang menjadi sasaran utama sudah memasuki tahap perehaban. Hal tersebut disampaikan Koordinator Pembangunan RTLH Kapten Inf Misdianto kepada Antara.

Baca juga: Satgas TMMD ke 106 Kodim 0103/Aut bersihkan jalan bersama warga

"Saat ini bisa dibilang sudah dalam pengerjaan rehab RTLH, kita akan percepat pembangunannya, semoga perehaban ini bisa berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, ratusan prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD saat ini sedang bekerja keras untuk membantu masyarakat dalam membangun RTLH dan membebaskan masyarakat desa setempat dari keterisoliran.

Baca juga: Kodim 0103/Aceh Utara mulai lakukan Pra TMMD ke-106

"Satgas TMMD Kodim 0103/Aut bekerja dengan bergotong royong, saling bantu membantu dan dilaksanakan tahap demi tahap sesuai program yang telah ditentukan oleh Komando Atas guna menyelesaian pengerjaan sasaran fisik maupun non fisik," katanya.

Sedangkan beragam sasaran fisik yang harus diselesaikan, peran serta masyarakat juga dibutuhkan untuk dapat turut serta berpartisipasi sehingga membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan, paparnya.

Sementara itu, Ramlah pemilik salah satu rumah RTLH menambahkan, sampai saat ini pengerjaan RTLH itu terus dilakukan oleh Anggota Satgas TMMD.

"Kami sangat senang dan bersyukur dengan dilaksanakannya perehapan rumah ini dan tak lupa ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan juga memberikan dukungan program TMMD di desanya," katanya.

Selain itu, kegiatan TMMD tersebut juga dilengkapi dengan keakraban personel TNI dan warga desa setempat, keakraban terlihat saat masyarakat dan TNI berbaur bersama-sama untuk saling berdiskusi, melontarkan pendapat demi kebaikan, hubungan kekeluargaan sudah melekat diantara mereka.

Di sore haripun para personel TNI mengajak kawula muda di desa tersebut  untuk berolah raga bersama agar menjaga kebugaran fisik, mengusir kejenuhan, sekaligus menciptakan keakraban dengan warga.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019