Seratusan pelaku usaha pangan industri rumah tangga di Kabupaten Aceh Utara dilatih meningkatkan keamanan dan kesehatan pangan yang mereka produksi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara A Murtala di Aceh Utara, Senin, mengatakan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha dan masyarakat terhadap berbagai faktor terkait keamanan kesehatan minuman dan makanan. 

"Dengan pelatihan ini kami harapkan pelaku usaha memahami bagaimana keamanan pangan yang mereka produksi terhadap kesehatan konsumen. Pelatihan diikuti 125 pelaku usaha pangan rumah tangga," kata A Murtala.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Banda Aceh dan sejumlah pejabat kefarmasian pada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara.

A Murtala mengapresiasi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Banda Aceh dan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara yang melatih pelaku usaha pangan rumah tangga meningkatkan pemahaman mereka terhadap keamanan kesehatan pangan yang mereka produksi.

"Pelatihan ini sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kualitas pangan yang dihasilkan serta memenuhi ketentuan standar yang diamanatkan peraturan perundang-undang," kata A Murtala.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin mengatakan pelatihan ini merupakan upaya pemerintah daerah meningkatkan pemahaman pelaku usaha pangan rumah tangga terhadap keamanan kesehatan produk pangan yang dihasilkan.

"Dalam pelatihan ini, para peserta turut membawa jenis produk pangan yang mereka produksi. Bagi yang dinyatakan lulus, mereka akan diberikan sertifikasi usaha industri pangan," kata Amir Syarifuddin. 
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021