Baitul Mal Aceh (BMA) mengumpulkan dana zakat, infak dan harta keagamaan lainnya (HKL) mencapai Rp37,14 miliar hingga awal Juli 2023, dan akan disalurkan kepada penerima manfaat di Aceh melalui berbagai program.

Plt. Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Didi Setiadi di Banda Aceh, Jumat, mengatakan pihaknya menargetkan pengumpulan zakat, infak dan harta keagamaan lainnya sebesar Rp92 miliar pada tahun 2023.

“Alhamdulillah, hingga hari ini, realisasi pengumpulan di BMA telah mencapai Rp37,14 miliar dari target Rp92 miliar atau telah mencapai 40,38 persen dari yang ditargetkan,” katanya.


Baca juga: Baitul Mal Aceh salurkan Rp27,5 miliar dana zakat ke warga

Adapun rinciannya, kata Didi, zakat yang sudah terkumpul sebanyak Rp28,59 miliar, infak sebanyak Rp8,54 miliar dan HKL sebanyak Rp90 ribu.

Didi mengatakan dalam rangka mengoptimalkan pengumpulan zakat dan infak, Baitul Mal Aceh gencar melakukan audiensi dan sosialisasi zakat profesi ke lembaga vertikal dan organisasi-organisasi profesi yang berkantor di Banda Aceh.

Di antaranya dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Aceh, Balai Prasarana Permukiman Wilayah, Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Kontruksi (BP2JK) dan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan.

Kemudian, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Aceh, Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XIII Aceh, Balai Pelatihan Kerja (BLK) Aceh, Badan Pengawas Obat dan Makanan Aceh dan Balai Pelestarian Nilai dan Cagar Budaya.

Selanjutnya dengan Balai Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIII Aceh, Balai Penjamin Mutu (BMP) dan Balai Konservasi sumber Daya Alam (BKSDA).

“Kami mengharapkan semua lembaga tersebut akan menyetorkan zakat dan infak karyawannya ke BMA. Sehingga dengan banyaknya zakat dan infak yang terkumpul, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang membutuhkan dapat dibantu,” ujar Didi.

Ia menambahkan, Baitul Mal Aceh juga menyampaikan terima kasih kepada warga Aceh atau para muzaki yang telah menyetorkan zakat lewat Baitul Mal dan juga kepada para munfiq yang telah menyerahkan infaknya.

“Semoga Allah menambahkan rezekinya dan mempermudah segala urusannya serta di akhirat kelak mendapat syurga-Nya ,” katanya.*


Baca juga: Baitul Mal Aceh Barat salurkan ZIS untuk 1.150 penerima, nilainya Rp744,75 juta

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023