Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Tipe A Paya Ilang Takengon Kabupaten Aceh Tengah sebagai terminal penghubung transportasi umum antar daerah dan pendukung mobilitas masyarakat. 

Peresmian terminal ini dilakukan bersamaan dengan peresmian dua terminal tipe A lainnya yakni Terminal Tingkir Kota Salatiga, Jawa Tengah dan Terminal Anak Air Kota Padang, Sumatera Barat dalam peresmian serentak di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Rabu sore. 

"Pembangunan sarana dan prasarana transportasi menjadi penting untuk meningkatkan konektifitas antar kota dan daerah serta mendukung mobilitas masyarakat," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya. 


Baca juga: Pemkab Aceh Tengah serahkan bonus atlet peraih medali Pora

Jokowi mengatakan Terminal Tipe A Paya Ilang Takengon dibangun dengan menghabiskan anggaran revitalisasi mencapai Rp22 miliar.

Terminal ini difungsikan untuk melayani Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan mobilitas sebanyak 91 angkutan per hari.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan yang turut hadir dalam acara peresmian tersebut menyampaikan keberadaan Terminal Paya Ilang Takengon diharapkan dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat di Aceh khususnya Kabupaten Aceh Tengah. 

"Alhamdulillah suatu kebanggaan bagi kita Terminal Paya Ilang telah diresmikan langsung oleh Bapak Presiden. Mudah-mudahan terminal ini dapat memudahkan mobilisasi antar daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Baca juga: Aceh Tengah raih penghargaan keterbukaan informasi publik menuju informatif

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023