Pemkab Aceh Barat menargetkan dapat melayani pengobatan pasien terserang kanker di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, dalam tahun ini.

“Jika tidak ada kendala, dalam tahun 2024 ini kita sudah bisa melayani pengobatan pasien kanker,” kata Direktur RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dr Ilum Anam kepada ANTARA, Selasa.

Ia menyebutkan, saat ini manajemen rumah sakit setempat terus berupaya melakukan pembenahan dengan berbagai upaya, diantaranya penyediaan tenaga dokter spesialis  onkologi anatomi, serta telah memiliki tenaga dokter spesialis patologi.

Selain itu, pemerintah daerah juga berupaya menyiapkan ruangan untuk menempatkan sejumlah peralatan medis yang akan digunakan untuk mengobati pasien kanker, seperti sarana CT-Scan berteknologi terbaru dan canggih.

Baca juga: Aceh Barat pastikan layanan kesehatan tidak terganggu libur natal dan tahun baru

Kemudian penyediaan alat kesehatan lainnya, termasuk penyediaan ruangan bagi pasien kanker yang berobat.

Ilum Anam menyebutkan penyediaan sarana alat kesehatan dan ruangan bagi pasien kanker tersebut dipastikan akan dilakukan pada tahun anggaran 2024, sehingga diharapkan penanganan terhadap pasien kanker lebih maksimal.

“Memang penyediaan sarana dan prasarana membutuhkan waktu, kita harapkan dapat terwujud dalam tahun ini,” katanya menambahkan.

Ilum Anam menyebutkan pemerintah daerah terus berupaya memaksimalkan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat, sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan bisa mendapatkan pengobatan secara maksimal dan profesional, demikian Ilum Anam.

Baca juga: RSUD Meulaboh Aceh Barat raih akreditasi paripurna dari KARS

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024