Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan pemerintah terus berupaya agar petani di daerah setempat untuk meningkatkan hasil produksi, salah satunya dengan memanfaatkan.benih unggul.

“Salah satu upaya meningkatkan produktivitas adalah memanfaatkan benih unggul dan mengikuti penanaman padi sesuai dengan kesepakatan turun ke sawah,” kata Pj Bupati Aceh Besar di Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela tanam padi bersama Komandan Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda (Danlanud SIM) Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo di Kompleks Lanud SIM Blang Bintang, Aceh Besar.

Ia menjelaskan dalam dua tahun terakhir, pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk ikut meningkatkan ketahanan pangan di Aceh Besar termasuk kolaborasi dengan Lanud SIM.

Ia mengatakan untuk mendukung sektor pertanian salah satu program yang digulirkan pada tahun 2024 adalah perbaikan sarana irigasi di sentra-sentra pertanian di Aceh Besar, peningkatan jalan tani, pembagian pupuk, pembagian bibit, cetak sawah baru dan meningkatkan sumber daya manusia agar mampu meningkatkan produksi.

Adapun target luas tanam padi pada musim gadu tahun 2024 seluas 14 ribu hektare yang tersebar di seluruh kecamatan dalam daerah itu. Kabupaten Aceh Besar memiliki luas lahan seluas 25.692 hektare terdiri dari sawah tadah hujan 8.770 hektare dan irigasi 16.904 hektare.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, termasuk Danlanud Sultan Iskandar Muda yang sangat komit dengan berperan aktif dalam kegiatan pertanian," kata Iswanto.

Dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Aceh Besar juga menyerahkan alat pertanian seperti penyemprot elektronik dan obat hama kepada para petani setempat guna mendukung meningkatkan produksi pertanian di wilayah tersebut.

Danlanud SIM Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo mengatakan kegiatan penanaman padi bukan hanya sekadar rutinitas tahunan, tetapi merupakan langkah strategis untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas bagi seluruh warga. 

"Saya sangat mengapresiasi semangat dan kerja keras para petani yang selalu berusaha memberikan hasil terbaik dari lahan yang mereka kelola. Tanpa dedikasi dan kerja keras para petani, kita tidak akan bisa menikmati sarapan nasi yang kita konsumsi sehari-hari," katanya.

Baca juga: Posyandu Aceh Besar laksanakan timbang serentak cegah stunting

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024