Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil meraih nilai Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,89 poin dengan predikat baik dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024. 

"Capaian ini mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya, dimana nilai yang diraih 2023 sebesar 1,09 poin dengan predikat kurang," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Abdya Ubairizal di Blangpidie, Jumat.

Ia menjelaskan penghargaan dari BPS RI tersebut diterima Asisten Administrasi Umum mewakili Pj Bupati Abdya pada hari Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) di Jakarta, Kamis (26/9).

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan sinergitas dengan berbagai pihak, Pemkab Abdya tahun 2024 dapat meraih Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,89 dengan predikat baik," ujarnya.

Hal tersebut merupakan suatu capaian prestasi yang membanggakan mengingat pada tahun 2023, Indeks Pembangunan Statistik Pemkab Abdya hanya di angka 1,09 dengan kategori kurang.

Ia menjelaskan  EPSS bertujuan untuk mengukur kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Penilaian dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari penilaian mandiri, penilaian dokumen, dan penilaian interviu.

Pada tahun ini, kegiatan statistik sektoral yang dinilai dari Pemkab Abdya adalah kompilasi produk administrasi pendataan penerima rekomendasi BBM bersubsidi Kabupaten Abdya dari Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Kompilasi Produk Administrasi Profil Kesehatan Abdya dari dinas kesehatan.

Kedua data tersebut menjadi bagian dari evaluasi yang berkontribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Statistik Kabupaten Abdya.

“Semoga capaian prestasi ini akan dapat menambah semangat dan etos kerja para pengelola statistik di Abdya sehingga Indeks Pembangunan Statistik akan terus meningkat dan tata kelola statistik di Abdya akan semakin bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Ubairizal juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini, khususnya pimpinan daerah yang terus mendorong peningkatan kualitas tata kelola data di daerah ini.

“Terima kasih atas arahan dan bimbingan Pj. Bupati dan Sekda. Juga kepada pembina data seperti BPS, Bapelitbangda, dan DPU PR, serta produsen data terutama Dinas Kesehatan dan Dinas Kelautan dan Perikanan yang telah menjadi sampel produsen data,” ujarnya.
 

Pewarta: Suprian

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024