Komandan Kodim (Dandim) 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf Andi Ariyanto mengerahkan ratusan prajurit TNI di wilayahnya untuk membantu warga terdampak banjir yang dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah itu dalam beberapa hari terakhir.

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf Andi Ariyanto, Senin, mengatakan banjir tersebut terjadi dipicu tanggul sungai di dua titik yakni Desa Pekan Seruway dan Desa Tangse Lama, Kecamatan Seruwai jebol karena tidak mampu menahan derasnya arus sungai.

“Banjir terjadi karena debit air melebihi kapasitas kian membesar, ditambah derasnya arus sungai menyebabkan tanggul jebol diperkirakan sepanjang 60 meter, sehingga air meluap menyasar ke pemukiman warga,” ujarnya di Aceh Tamiang.

Hal itu disampaikan Dandim di sela-sela melakukan peninjauan sekaligus bakti TNI penanggulangan bencana di Aceh Tamiang bersama Pj Bupati Aceh Tamiang Asra, Danramil 03/Srw Kapten Inf Afrizal, Camat Sruway Devi, serta ratusan personel gabungan dan masyarakat.

Ia menjelaskan, ratusan rumah dan fasilitas umum terendam akibat bencana banjir tersebut, sehingga membuat warga yang terdampak harus mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

Sebab itu, lanjut dia, atas perintah Pangdam IM Mayjen TNI Niko Fahrizal melalui Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Ali Imran, dirinya langsung mengerahkan personel Babinsa membantu penanganan penanggulangan bencana.

“Kami mengerahkan personel TNI Kodim 0107/Aceh Tamiang bersama Pemda, BPBD, SAR, Polri dan instansi lainnya dalam penanggulangan bencana membantu warga terdampak banjir,” ujarnya.

Dandim Aceh Tamiang juga menginstruksikan kepada para Babinsa TNI di wilayahnya agar melaksanakan patroli siaga banjir di daerah tugasnya masing-masing. Saat ini Pemkab Aceh Tamiang juga telah mendirikan dapur umum dan tenda pengungsi untuk warga terdampak banjir.

“Kita juga bersama-sama memperbaiki terdapat di dua titik tanggul yang ambruk, selain itu, diimbau kepada masyarakat agar waspada khususnya pada malam hari,” ujarnya.

Baca juga: Tanggul sungai jebol, 2.066 warga Aceh Tamiang mengungsi akibat banjir

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024