Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Lantamal I Belawan jajaran Komando Armada Kawasan Barat (Koarmabar), membangun jalan di Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireun, Provinsi Aceh, dalam upaya mempermudah akses transportasi bagi nelayan.

Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Letkol Laut (P) M Sjamsul Rizal di Lhokseumawe, Jumat menyatakan, kegiatan dalam rangkaian Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) Sail Sabang 2017 di lakukan Desa Kuala Ceurapee dan Desa Alue Kuta, Kecamatan Jangka.

Ia mengatakan, akses jalan di dua desa tersebut merupakan sarana infrastruktur pendukung kemudahan transportasi bagi nelayan di kawasan tersebut.

Sehingga keberadaan akses jalan yang memadai, menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi dalam upaya meningkatkan produktivitas nelayan dalam melakukan distribusi hasil dan mendukung berbagai kegiatan nelayan sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk mendukung program pemerintah di bidang percepatan pembangunan kawasan pesisir dan penguatan maritim, maka Lanal Lhokseumawe, melalui Operasi SBJ Sail Sabang 2017, melakukan kegiatan pembangunan jalan sepanjang 700 meter dan lebar 3 meter, yang dilakukan oleh prajurit Lanal Lhokseumawe dan masyarakat setempat.

"TNI Angkatan Laut akan terus berusaha mengambil bagian terhadap upaya peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat. Tugas tentara memang untuk berperang, akan tetapi pada masa damai tentara turun ke lapangan dan membantu kesulitan rakyat," ungkap Letkol Laut Sjamsul Rizal.

Sementara itu, kondisi jalan yang menghubungkan antara Desa Kuala Ceurape dan Alue Kuta tersebut, memprihatinkan dan susah dilalui apabila musim hujan.

Namun, oleh pihak TNI AL membangunnya dengan melakukan pengerasan dan memperlebar bahu jalan menjadi 3 meter dari sebelumnya yang hanya 2 meter, agar mudah dilalui oleh kendaraan roda empat dalam mendistribusikan berbagai hasil tangkapan nelayan di kawasan tersebut.

Pewarta: Mukhkis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017