PT Taspen (Persero) Cabang Banda Aceh menggelar seminar kewirausahaan perdana di Provinsi Aceh yang diperutukkan bagi aparatur negeri sipil (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar yang akan masuk masa pensiun tahun 2019.

"Kegiatan ini merupakan tindaklanjut program kewirausahaan yang telah diselenggarakan di Sentul Bogor pada Januari dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo," kata Kepala PT Taspen (Persero) Cabang Banda Aceh, Andi Purwadi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan kegiatan yang digelar tersebut merupakan salah satu usaha yang dapat ditekuni saat tidak bekerja lagi sebagai aparatur negeri sipil karena telah memasuki masa pensiun.

"Pensiun bukan berarti berakhir berkiprah dan bekarya, tapi ini merupakan babak baru untuk menjalani aktivitas setelah memasuki masa pensiun salah satunya dengan kegiatan kewirausahaan," katanya.

Ia mengatakan kegiatan kewirausahan yang juga bekerja sama dengan PT Pengadaian, Perum Bulog dan mitra perbankan tersebut turut menghadirkan para pemateri yang memberikan bekal terkait kewirausahan kepada ASN yang akan memasuki masa pensiun tersebut.

Menurut dia kehadiran beberapa mitra perbankan tersebut juga menjadi solusi untuk memiliki peluang besar dalam mengakses modal dan sinergi BUMN juga siap memberikan solusi kepada pensiunan.

Ada pun beberapa skema yang dapat diakses untuk mendukung wirausaha melalui PT Pengadaian dan Perum Bulog yang diperkuat melalui program kredit pra pensiun dan kredit pensiun.

"Kegiatan kewirausahaan ini akan dilakukan secara berkelanjutan untuk kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah kerja PT Taspen (Persero) Cabang Banda Aceh," katanya.

Ia menambahkan PT Taspen (Persero) juga mengembangkan produk THT, pensiun, JKK, JKM dan untuk kesejahteraan ASN melalui anak perusahaan antara lain TOP THT dan tabungan dwiguna sejahtera serta proteksi beasiswa.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan kegiatan yang digelar tersebut sangat bermanfat bagi para calon pensiunan PNS dalam rangka mempersiapkan diri saat masa purna tugas.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi semangat dan juga motivasi serta referensi bagi PNS yang akan masuk purna tugas,” kata Aminullah dalam pidato tertulis dibacakan Asisten III setda Kota Banda Aceh, Tarmizi.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019