Ribuan pelajar SD sederajat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh melakukan pawai taaruf keliling kota dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1441 Hijriah, Minggu.

Amatan Antara di lapangan, sejak pukul 07.30 WIB ribuan pelajar dari berbagai  SD dan madrasah ibtidaiyah sudah mulai berkumpul di lapangan Persada Blangpidie Abdya dengan menggunakan busana serba putih.

Baca juga: Dandim Abdya ajak wartawan promosikan Teluk Surin

Selain mengenakan busana muslim, dan membawa spanduk selamat Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, ribuan peserta pawai ada juga membawa pamplet kecil bertulisan Asmaul Husna, rebana dan bahkan mobil hias.

Setelah dilepas oleh Wakil Bupati Muslizar, peserta secara berkelompok dari masing-masing sekolah bergerak beriring-iringan sambil memekikkan takbir menuju pentas utama di Simpang Cerana pusat Kota Blangpidie.

Baca juga: Bupati Abdya "tancap gas", SKPK harus mampu menterjemahkan

Di pusat Kota Blangpidie tepatnya di kawasan Simpang Cerana panitia pawai taaruf menyediakan sebuah pentas utama untuk Forkopimkab Abdya menyaksikan generasi bangsa melakukan kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Muslizar, Kapolres Abdya AKBP Moh Basori dan sejumlah unsur Forkompikab daerah itu menyaksikan secara langsung rombongan pawai taaruf yang bergerak dari titik star menuju Masjid Agung Abdya.

Baca juga: Dorong Surin jadi pusat ekonomi, Pemkab Abdya MoU dengan ISMI

Untuk sampai ke Masjid Agung di Desa Guhang, ribuan peserta pawai berjalan kaki melewati jalan nasional dari Stadion Persada ke Simpang Cerana menuju Jalan Attaqwa dengan jarak tempuh lebih kurang sekitar dua kilometer.  

Aparat kepolisian dari jajaran Pores Abdya terpantau sibuk mengatur arus lalulintas di sepanjang jalan agar para pelajar yang melakukan pawai taaruf tidak mengalami hambatan sepanjang jalan raya.

Baca juga: Abdya diprediksi bakal terpilih sebagai pusat KEK barat-selatan

“Hanya sampai ke Masjid Agung saja, kemudian mereka sudah bubar. Nanti malam baru sambung dengan acara lainnya dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam ini,” kata Kabag Humas Pemkab Abdya, Mawardi.

 

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019