Personil polisi melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap pengguna jalan baik pengemudi maupun penumpang sepeda motor dan mobil di depan Poslantas Cunda Jalan Medan (Sumut)-Banda Aceh di Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, Minggu (12/4).

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasat Lantas AKP Widya Rachmad Jayadi mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai rangkaian Operasi Keselamatan Rencong 2020 dan bagian dari antisipasi penyebaran COVID-19.

Baca juga: Aceh belum memenuhi syarat terapkan PSBB cegah COVID-19

"Personil Polantas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh para pengguna jalan baik pengemudi maupun penumpang sepeda motor dan mobil," katanya.

Menurut Rachmat, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga wilayah hukum Polres Lhokseumawe yang merupakan lintasan pada jalur timur arah Medan-Banda Aceh maupun sebaliknya.

Baca juga: PKK Nagan Raya bagikan 1.000 masker cegah corona

"Bagi pengemudi yang ditemukan suhu tubuhnya di atas rata-rata, nantinya akan langsung diperiksa oleh dokkes Polres Lhokseumawe serta dilakukan tahap awal sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," kata dia.

Selain itu, kata Rachmat, kegiatan tersebut juga merupakan sebagai upaya sosialisasi terhadap seluruh masyarakat akan pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Cegah corona, PKK dan Dekranasda Banda Aceh bagi-bagi masker gratis

"Kita juga melakukan upaya sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19 karena masih banyak sekali masyarakat yang melakukan kegiatan diluar rumah tidak menggunakan masker, padahal Presiden RI sudah menyatakan imbauan agar selalu mengunakan masker, kemudian diperkuat dengan adanya maklumat Kapolri," katanya.

Dikatakannya, melalui operasi keselamatan ini Satlantas Polres Lhokseumawe mengimbau kembali untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dan tetap memperhatikan keselamatan berkendaraan agar terhindar dari lakalantas, menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani agar tidak terjangkit COVID-19.

"Dengan perkembangan situasi seperti saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan bahaya COVID-19 dengan banyaknya pengemudi sepeda motor yang menggunakan masker, akan tetapi masih banyak juga yg tidak menggunakan helm," kata Rachmat.

Dia juga berharap kepada seluruh pengguna jalan agar tetap menggunakan helm dan masker serta patuhi keputusan presiden agar kita semua terhindar dari wabah COVID-19.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020