Pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Nagan Raya menyerahkan donasi sebesar Rp136.421.200 untuk membantu pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di wilayah Gaza Utara Palestina.

"Kita berikan bantuan ini dari hasil kumpulan masyarakat termasuk para PNS untuk membantu pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza," kata Bupati Nagan Raya Jamin Idham, di Banda Aceh, Jumat.

Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Jamin Idham kepada Presidium LSM MER-C Indonesia, di Banda Aceh.

Sumbangan itu, dikumpulkan oleh Komite Nagan Raya Peduli Palestina (KNRPP) yang terdiri dari PNS, pelajar, unsur PGRI, pramuka dan berbagai komunitas lainnya.

Jamin menegaskan bahwa pihaknya bersama masyarakat Nagan Raya akan terus berupaya memberikan sumbangan lagi kedepannya.

"Ini bantuan pertama kita dan kita akan berusaha untuk membantu lagi kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, Presidium MER-C Indonesia dr Henry Hidayatullah menyampaikan bahwa dana tersebut nantinya bakal digunakan untuk kebutuhan perlengkapan alat kesehatan terhadap ruangan yang baru terbangun.

"Dimanfaatkan untuk menambah operasional dan alat kesehatan yang dibutuhkan," kata Henry.

Henry menjelaskan, atas dasar permintaan Pemerintah Palestina untuk memperluas gedung RS Indonesia tersebut, akhirnya Indonesia menambah dua lantai lagi.

Atas permintaan tersebut akhirnya di bangun dua lantai lagi, karena itu saat ini donasi masih dibutuhkan untuk pemenuhan alat kesehatannya.

Dalam kesempatan ini, Henry mengatakan bahwa masyarakat Aceh sangat luar biasa membantu pembangunan rumah sakit tersebut. Bahkan Pemprov Aceh sebelumnya juga telah menyerahkan dana sebesar Rp6,7 miliar.

"Karena itu sebagai bentuk apresiasi kami memberikan nama ruangan IGD dan Laboratorium di sana dengan nama Tgk Chik Di Tiro dan Cut Nyak Dhien (pahlawan asal Aceh)," ujarnya.

Henry menambahkan, inisiasi Pemerintah Aceh bersama masyarakat untuk memberikan bantuan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia, baru kemudian dilanjutkan oleh Sumatera Utara.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022