Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Sudarmo mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya generasi muda meningkatkan semangat kepahlawanan.

"Tingkatkan semangat kepahlawanan guna melanjutkan cita-cita pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan," ajak Sudarmo di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh Sudarmo usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 2016. Upacara yang diikuti unsur TNI/Polri, pegawai negeri sipil, pelajar, dan pemuda itu dipusatkan di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh.

Sudarmo mengatakan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan lebih sulit merebutnya dari tangan penjajah. Kemerdekaan ini haruslah diisi dengan pembangunan.

Generasi muda sebagai penerus bangsa, kata dia, memiliki tugas berat melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu. Karena itu, semangat kepahlawanan generasi muda harus terus ditingkatkan.

"Para pahlawan telah berjuang mengorbankan segalanya untuk kemerdekaan. Kini saatnya generasi penerus membuktikan bahwa mampu meneruskan kemerdekaan," kata Sudarmo menambahkan.

Perjuangan generasi muda, kata dia, tentu mengisi kemerdekaan dengan pembangunan guna mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat seperti yang dicita-citakan pahlawan pendiri bangsa Indonesia.

Senada juga dikemukakan Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman. Jenderal bintang dua itu mengajak generasi muda meneladani perjuangan para pahlawan.

"Generasi muda harus bisa meningkatkan semangat kepahlawanan dalam mengisi pembangunan. Buktikan bahwa generasi muda mampu menjaga kemerdekaan serta berjuang mempertahankannya dengan pembangunan," kata Mayjen TNI Tatang Sulaiman. 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016