Perusahaan asal Malaysia Immunix Group menyatakan siap untuk berinvestasi hingga Rp2,1 triliun berupa sistem listrik menggunakan panel surya (solar cell) di kampus Universitas Syiah Kuala (USK) II, Aceh.

“Immunix bersedia investasi senilai Rp2,1 triliun dengan masa persiapan hingga produksi selama tiga tahun dan kami memerlukan lahan 120 hektare yang rencananya menggunakan lahan USK," kata CEO Immunix International Sdn. Bhd Dato' Sri Mohd Shukri di Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pertemuan dengan Rektor USK Prof Marwan di ruang senat USK, Darussalam, Banda Aceh terkait rencana kerja sama listrik tenaga surya.

Baca juga: Investor Korsel akan bangun pembangkit listrik tenaga surya di Aceh Jaya

Ia menjelaskan kehadiran ke kampus tersebut dalam rangka penjajakan kerja sama bisnis bidang Energi Listrik Tenaga Matahari (PhotoVoltaic), dengan memanfaatkan Lahan Kampus II USK. 

"Kami berharap USK bisa membantu pengurusan Purchase Power Agreement dengan PLN, sehingga energi listrik dari sumber energi terbarukan matahari bisa terserap," kata Dato' Sri Mohd Shukri.
 

Rektor USK Prof Marwan menyambut baik terkait peluang kerja sama yang akan dilakukan oleh Immunix Group dengan kampus tersebut.

"Kita punya kampus yang luas, jadi sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih besar lagi terkait solar cell. Potensi energi baru terbarukan ini sangat besar ke depannya. Jadi kami terbuka untuk peluang pengembangan ini bersama-sama," kata Prof Marwan.

Rektor mengatakan secara prinsip menyambut baik dan meminta semua pihak untuk saling mempelajari regulasi yang berlaku, dan kemungkinan kerjasama dengan pemerintah. Apalagi, secara lahan, USK II sangat luas yang siap difungsikan.

Ia mengatakan selain memiliki lahan yang luas dan pengalaman, USK juga punya dua unit panel surya di FMIPA dan FT.

"Jika ini berhasil akan berdampak positif bagi industri dan ekonomi lokal juga pengembangan iptek di USK," beber Rektor.

Prof Marwan juga berharap, USK nantinya bisa menggunakan energi listrik dari matahari untuk keperluan USK sendiri, sehingga bisa menghemat anggaran dan ramah lingkungan.

Baca juga: Truk tenaga surya, solusi jitu untuk bisnis kopi dari Aceh

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023