Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, melakukan pemeriksaan kandungan makanan berbuka puasa (takjil) yang dijajakan di kawasan Kota Calang untuk mencegah makanan yang mengandung bahan berbahaya.

"Tujuan kita lakukan pemeriksaan adalah untuk mencegah konsumen mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti formalin, boraks, rodamin dan metanin yellow," ujar dr Hasri selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehata Aceh Jaya kepada Antara, Rabu (8/5).

Ia menyampaikan, pihaknya sudah mengambil sampel makanan di beberapa tempat di Kota Calang dan saat ini sedang dilakukan pengecekan dengan alat yang sudah dimiliki pihak Dinas Kesehatan Aceh Jaya.

"Untuk saat ini memang belum habis kita lakukan pengecekan, namun sudah kita cek beberapa sampel tidak ditemukan menggunakan bahan berbahaya (negatif)," ungkapnya.

Hasri menjelaskan ada beberapa makanan yang diambil sampel seperti kue, mie dan juga bakso yang dijual di seputaran Kota Calang.

Ia juga menyampaikan pihaknya akan melakukan pengecekan juga di beberapa tempat lain dalam Kabupaten Aceh Jaya guna mencegah penggunaan bahan berbahaya.

"Pemeriksaan ini kita rencanakan rutin setiap bulan Ramadhan di Aceh Jaya," tuturnya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019