Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus meminta jamaah calon haji (JCH) asal kota paling barat Indonesia itu untuk menjaga kondisi kesehatan selama melaksanakan ibadah haji tahun ini mengingat masih di tengah pandemi COVID-19.

Saat prosesi adat atau peusijuek JCH di Masjid Agung Babussalam Kota Sabang, Suradji menyampaikan selamat kepada seluruh calon haji yang berkesempatan menunaikan rukun Islam ke lima itu, sehingga akan menjadi tamu istimewa Allah SWT.

”Ibadah haji ini merupakan rukun Islam yang ke lima dan juga merupakan ibadah fisik. Jadi JCH diharapkan bisa menjaga fisik dan stamina agar tetap fit,” kata Suradji di Kota Sabang, Kamis.

Baca juga: Bupati ingatkan calon haji Aceh Timur jangan sibuk berbelanja

Maka dia berpesan selama menunaikan ibadah haji, JCH harus selalu menjaga kesehatan, tepat waktu dalam beribadah dan menaati peraturan yang telah diterapkan.

“Tetap berhati-hati ketika beribadah, mengingat fisik kita orang Asia cenderung lebih kecil dibandingkan negara lain," katanya lagi.

Ia behrarap JCH dapat mengamalkan dan melaksanakan semua rukun-rukun haji serta wajib haji dengan sempurna. “Sehingga syarat menjadi haji yang mabrur dan mabrurah dapat terpenuhi," katanya.

Baca juga: Wali Kota Banda Aceh lepas ratusan jamaah calon haji

Pemerintah Kota Sabang juga memfasilitasi sejumlah kebutuhan JCH setempat seperti baju batik seragam, kacu, koper, kain sarung, sendal, peci atau jilbab, dan uang tunia masing-masing Rp150 ribu.

Pihaknya juga mengakomodasi tiket kapal pulang pergi sekaligus penginapan di Banda Aceh bagi JCH Sabang saat menunggu keberangkatan ke Jeddah pada 15 Juni mendatang sekitar pukul 01.30 WIB.

Baca juga: CJH Aceh diminta isolasi mandiri sepekan sebelum berangkat

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang Muklis menjelaskan JCH Sabang yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 19 orang, terdiri dari delapan orang laki-laki dan 11 perempuan.

"Semua JCH Kota Sabang Alhamdulillah telah melalui seluruh tahapan atau proses sebelum berangkat menunaikan ibadah haji,” kata Muklis.

Mereka telah melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan haji, penerbitan paspor, bimbingan manasik, pemeriksaan kesehatan, sehingga siap untuk diberangkatkan menuju Asrama Haji Embarkasi BTJ Banda Aceh dari Sabang.

 

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari/Khalis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022