Wali Kota Banda Aceh Amiruddin memastikan fasilitas untuk mendukung kelancaran Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di kota setempat sudah sangat memadai, dan proses asesmen juga berjalan dengan lancar.

“Untuk ruang ujian, komputer, dan jaringan internet, serta SDM (sumber daya manusia) kita sudah sangat memadai,” kata Amiruddin saat memantau pelaksanaan ANBK jenjang SMP di Banda Aceh, Senin.

Ada dua lokasi yang dikunjungi Amiruddin pada pelaksanaan ANBK hari pertama tahun ini, yakni SMP Negeri 17 Banda Aceh di kawasan Blang Padang dan SMP Negeri 5 Banda Aceh di Gampong Lambung.

Baca juga: Sebanyak 22 sekolah di Aceh Jaya belum terakses jaringan internet

Dalam kunjungannya, Amiruddin mengecek kesiapan sekolah berikut sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ANBK di ibukota Banda Aceh. 

Ia juga menyemangati para siswa yang tengah berkutat di depan komputer masing-masing untuk mengikuti program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Alhamdulillah, dari hasil pemantauan kita, ANBK hari pertama untuk tingkat SMP di Banda Aceh berjalan dengan lancar," ujarnya. 

Kelancaran pelaksanaan ANBK itu, kata dia, tidak terlepas dari persiapan matang para siswa, guru, dan sekolah dalam menyelenggarakan program pengganti ujian nasional tersebut. 

"Insya Allah, kita optimis ANBK jenjang SMP tahun ini di Banda Aceh dapat berjalan dengan lancar dan sukses hingga hari kedua besok (Selasa, 19/9). Semoga juga hasil yang diraih anak-anak kita juga baik sebagai cerminan peningkatan mutu pendidikan kota kita," ujarnya. 

Baca juga: Siswa dan guru di Aceh Jaya ikut ANBK

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023