Omdia: Pengiriman global robot humanoid akan mencapai lebih dari 10.000 unit pada tahun 2027 dan 38.000 unit pada 2030

Omdia: Pengiriman global robot humanoid akan mencapai lebih dari 10.000 unit pada tahun 2027 dan 38.000 unit pada 2030

OMDIA Logo

London, (ANTARA/PRNewswire)- Menurut penelitian terbaru Omdia, Robotics Hardware Market Forecast - 2021-30, pengiriman global untuk robot humanoid diperkirakan akan lebih dari 10.000 pada tahun 2027 dan sebanyak 38.000 unit pada tahun 2030. Artinya, Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan (CAGR) sebesar 83% selama tahun 2024-2030.

Tahun 2024 merupakan tahun terobosan bagi robot humanoid. Sebagian karena hype AI generatif mirip manusia (GenAI), robot humanoid merupakan lompatan teknologi baru yang signifikan. Beberapa alasan telah mendukung faktor bentuk antropomorfik bipedal siap dijual secara massal setelah para pelopor teknologi seperti Boston Dynamics melakukan investasi ekstensif.

Biaya pengembangan robot humanoid telah mencapai titik optimal karena teknologi utama seperti motor servo, penggerak harmonik dan sensor sudah lebih canggih. Selain itu, peningkatan komputasi on-device AI telah memungkinkan integrasi perangkat lunak AI untuk kontrol gerak, navigasi, dan visi komputer. Sejalan dengan kemajuan ini, pemimpin pasar chip AI, NVIDIA, aktif mempromosikan robot humanoid dalam enam bulan terakhir karena menyadari potensinya pada masa depan otomatisasi robotika mengingat tingginya permintaan on-device AI komputasi intensif.

Penggunaan awal robot humanoid berfokus pada produksi otomotif karena lebih dulu digunakan di sektor ini, misalnya oleh perusahaan seperti Tesla dan Nio. Robot humanoid juga memiliki potensi di berbagai bidang lain, misalnya untuk produksi umum dan logistik, ritel, makanan dan minuman, layanan pelanggan, dan layanan kesehatan. Selain Tesla, Nio, dan Boston Dynamics, beberapa perusahaan rintisan yang berfokus pada robot humanoid adalah Agility Robotics, Dataa Robotics, Dreame, Figure, Fourier Intelligence, UBTech, dan Unitree.

Meskipun perkiraannya optimis, teknologi robot humanoid masih baru. Kompleksitas robot ini menyulitkan produksi massal dan penggunaannya secara luas, sebagian besar masih dalam tahap uji coba atau pembuktian konsep. Implementasi skala besar mungkin masih perlu waktu beberapa tahun lagi. "Perusahaan-perusahaan Tiongkok, misalnya Dataa Robotics, sedang menjajaki integrasi model dasar pada robot humanoid untuk memungkinkan interaksi bahasa alami antara manusia dan robot," kata Lian Jye Su, Kepala Analis di Omdia.

Yang lebih penting, antusiasme terhadap robot humanoid bersamaan dengan gambaran lengkap tentang peningkatan permintaan otomatisasi robotika di seluruh dunia. Omdia memperkirakan pertumbuhan kuat dalam penggunaan robot di segmen perusahaan dan industri, terutama didorong oleh kendaraan berpemandu otomatis, robot bergerak otonom, robot kaki empat, dan robot humanoid.

Vendor robot meningkatkan permintaan sekaligus menggunakan filosofi desain yang lebih berpusat pada manusia dan otomatisasi pada desain, pengembangan, dan penggunaan robot. "Robot menjadi lebih aman karena kemajuan fusi sensor dan algoritme navigasi. Vendor memanfaatkan AI untuk pelatihan tugas, perencanaan dan pengoptimalan jalur, manajemen armada, dan Human Machine Interface. AI prediktif dan AI generatif akan berperan penting dalam penggunaan AI di sektor robotika," kata Su.

TENTANG OMDIA

Omdia adalah bagian dari Informa Tech, sebuah kelompok penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memberdayakan berbagai perusahaan membuat keputusan yang cerdas tentang pertumbuhan.


Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024