Intelsat Hadirkan Konektivitas Pertama di Palau dengan Solusi Dual-Satelit

Intelsat Hadirkan Konektivitas Pertama di Palau dengan Solusi Dual-Satelit

ANTARA/Business Wire

Singapura--(ANTARA/Business Wire)-- Intelsat, operator salah satu jaringan satelit dan terestrial gabungan terbesar di dunia, telah berhasil menerapkan solusi konektivitas dual-satelit untuk Palau, dengan memberikan layanan always-on tepercaya bagi 18.000 penduduk Palau yang menempati sembilan pulau di kepulauan utama tersebut.

Dengan memanfaatkan pengalaman kami yang mumpuni di kawasan Asia-Pasifik, kami dapat merancang solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan khusus di Palau akan konektivitas yang dapat diandalkan, ujar Gaurav Kharod, wakil presiden regional Intelsat. Proyek ini membuktikan komitmen Intelsat dalam menjembatani kesenjangan digital dan mendorong konektivitas ke seluruh penjuru dunia.

Palau National Communications Corporation (PNCC) sebelumnya mengandalkan satu kabel serat optik bawah laut untuk memenuhi semua kebutuhan komunikasi. Namun, kabel bawah laut rentan mengalami kerusakan seperti yang ditemukan PNCC ketika pemadaman sambungan kabel Palau ke Guam yang direncanakan selama seminggu diumumkan pada bulan Juli 2023. Hal ini mungkin dipicu oleh Topan Mawar yang melanda Guam pada bulan Mei sehingga perbaikan darurat ini memaksa PNCC untuk membatasi akses internet internasional hanya untuk layanan-layanan penting.

Solusi dari Intelsat untuk Palau yaitu dengan menggunakan dua satelit geostasioner milik Intelsat di slot orbit yang terpisah, menawarkan redundansi dan fleksibilitas yang tak tertandingi. Desain berlapis-lapis ini, yang menggunakan teknologi jaringan area luas yang ditentukan perangkat lunak (SD-WAN), memadukan kedua satelit dengan mulus untuk ketahanan maksimal. Infrastruktur penting diprioritaskan untuk konektivitas C-band saat terjadi pemadaman, sementara masyarakat dengan populasi lebih padat mendapatkan manfaat dari peningkatan kapasitas Ku-band. Pendekatan dual-band ini juga memungkinkan PNCC untuk meningkatkan kapasitas Ku-band sesuai kebutuhan di masa depan.

Intelsat merupakan mitra yang tepat bagi kami karena fleksibilitas dan pengalamannya dalam beroperasi di negara kepulauan seperti Palau, ujar Simon Fraser, CEO Palau National Communications Corporation.

Manfaat proyek ini jauh lebih dari sekadar menyediakan komunikasi yang dapat diandalkan. Solusi ini telah memungkinkan PNCC untuk menyediakan layanan internet ke pulau-pulau di barat daya Palau untuk pertama kalinya. Hal ini juga telah menciptakan peluang pendapatan baru bagi PNCC, karena ini adalah pasar yang sebelumnya belum tersentuh.

Konektivitas yang lebih besar membuka banyak peluang bagi ekonomi dan pembangunan sosial Palau. Penduduk di seluruh penjuru kepulauan kini memiliki akses ke layanan pokok pemerintah, pilihan hiburan yang lebih luas, layanan kesehatan jarak jauh, dan sumber daya pendidikan jarak jauh. Pulau-pulau terpencil, seperti yang berada di wilayah barat daya, kini memiliki konektivitas internet, membina hubungan yang lebih kuat dengan orang-orang terkasih, serta komunitas global.

Tentang Intelsat

Tim profesional global Intelsat berfokus pada penyediaan komunikasi berbasis satelit yang lancar dan aman bagi pemerintah, LSM, dan pelanggan komersial melalui jaringan dan layanan terkelola perusahaan di seluruh dunia. Dengan menjembatani kesenjangan digital melalui salah satu armada satelit terbesar dan infrastruktur konektivitas tercanggih di dunia, Intelsat memungkinkan manusia dan perangkatnya untuk berbicara lintas samudra, melihat lintas benua, dan mendengarkan melalui langit untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan hidup berdampingan. Sejak didirikan enam dekade yang lalu, perusahaan ini telah identik sebagai yang pertama di industri satelit dalam hal pelayanan kepada pelanggan dan lingkungan. Dengan berlandaskan pada warisan inovasi dan fokus untuk menghadapi tantangan generasi baru, anggota tim Intelsat sekarang memiliki pandangan untuk menjadi pelopor selanjutnya di ruang angkasa saat mereka mendobrak bidang ini dan memimpin dalam transformasi digital industri.

Kunjungi Media Sosial Kami di:


Kontak
Melissa Longo - melissa.longo@intelsat.com; +1 240-308-1881

Sumber: Intelsat
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024